BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat saat ini mempengaruhi kehidupan kita juga pola
perkembangan tingkah laku masyarakat terutama dalam penggunaan teknologi. Dunia
pendidikan dan dunia kerja merupakan yang paling banyak memanfaatkan teknologi
dalam hal ini teknologi informasi. Teknologi informasi menyediakan proses yang
cepat, tepat, dan menghasilkan keakuratan yang lebih.
Pengolahan
data yang baik akan mempermudah dalam pemantapan manajemennya. Sebaliknya
sistem lama yang masih lambat dan tidak berkualitass tidak akan mampu mendukung
kegiatan kerja dalamm mencapai tujuannya. Pengolahan data yang cepat, tepat,
dan akurat dapat dinilai dari sistem informasinya. Semakin baik sistem
informasi yang dipergunakan maka semakin baik pula informasi yang akan
dihasilkan.
Teknologi
informasi menyediakan Microsoft acces untuk menciptakan proses yang cepat,
tepat, dan akurat . Microsoft Acces merupakan salah satu program aplikasi
database yang paling canggih dan lengkap serta sangat mudah digunakan baik
untuk menyortir,mengatur data, membuat label data serta mellaporkan informasi
penting, misalnya menampung daftar anggota, data-data anggota dan sebagainya.
Aplikasi data base adalah kumpulan objek acces yang bekerja terpadu untuk menyelesaikan
masalah. Dengan menggunakan sebuah program database, pemakai dapat melaksanakan
beberapa operasi dasar, antara lain : Operasi Form, Report, Query dan Operasi table.
B.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
Langkah-Langkah Membuat Form Menggunakan Ms.Acces 2007 ?
2. Bagaimana
Langkah-Langkah Membuat Data Identitas Pasien Menjadi Lebih Jelas dan
Terperinci Menggunakan Query ?
3. Bagaimana
Langkah-Langkah Membuat Data Identitas Pasien Menjadi Lebih Jelas dan
Terperinci Menggunakan Report ?
4. Bagaimana
Langkah-Langkah Membuat Tombol button dalam Ms.Acces 2007 ?
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN FORM MENGGUNAKAN MS.ACCES 2007
Form berfungsi untuk memasukkan dan menampilkan data
agar terllihat lebih baik dan menarik. Form digunakan untuk mempresentasikan ke
user atau menerima inputan dari user data-data dalam tabel/query. Form
dirancang untuk menampilkan field-field yang dibutuhkan dan tabel penjelasannya
dalam format tampilan yang lebih menarik. Sebuah form menitik beratkan kepada
informasi yang dibutuhkan. Fungsi operasinya adalah untuk memanipulasi record
dan secara lebih spesifik untuk memanipulasi data.
1.
Langkah
pertama
Klik Menu start - All Program - Ms.Office - Ms.Acces 2007
2.
Langkah
kedua
Klik Blank Database, kemudian tentukan lokasi penyimpanan dan nama
Database, selanjutnya klik tommbol Create
Setelah melakukan
langkah kedua maka akan tampil area kerja Ms. Acces 2007,seperti gambar dibawah
ini :
3. Langkah ketiga
Pada
tampilan layar utama klik, View - Design View.kemudian akan muncul
tampilan kotak dialog Save As Table, ubah nama filenya kemudian klik OK untuk
menyimpan
4.
Langkah
keempat
Pada
tampilan awal,masukkan beberapa kategori/karakter untuk membuat sebuah
from.seperti gambar di bawah ini :
Masukkan data kedalam
field-field yang telah disediakan
Atur
Data Type pada kategori / karakter
sesuai ketentuan yang ada.seperti gambar dibawah ini :
- Nomor rekam medis : Ubah Data Type – Text – kemudian Atur Field Size : Max 8 digit;
- Tanggal lahir : ubah Data Type – Date/Time
- Tempat Lahir : Ubah Data Type –Text – kemudian Atur Field Size : Max 32 digit
- Jenis Kelamin : Ubah Data Type – Lookup Wizard
Setelah mengubah data type –Lookup Wizard maka akan
muncul gambar dibawah ini :
Setelah memilih next akan tampil gambar seperti
dibawah ini :
5. Langkah kelima
Selanjutnya
input data pasien sesuai dengan urutan nomor rekam medisnya.
Dengan cara klik view - datasheet view.
·
Sebelum
diinput
·
Setelah
diinput
6.
Langkah
keenam
Setelah menginput data pilih tab create – form
7.
Langkah
ketujuh
Setelah melakukan langkah keenam maka
akan muncul gambar seperti dibawah ini :
Selanjutnya klik Desain Form sesuai dengan keinginan, dengan menggunakan Auto Format pada Tab Format.
B.
Langkah-Langkah
Membuat Data Identitas Pasien Menjadi Lebih Jelas dan Terperinci Menggunakan
Query
Query berarti
mendefinisikan data yaitu memanipulasi data dan mengembalikan data tersebut
melalui bahasa. Selanjutnya,, bahasa yang digunakan untuk mengendalikan
manipulasi data adalah bahasa query. Query umumnya digunakan untuk memanipulasi
data, record dan field. Yang terletak satu atau beberapa tabel atau query. Secara lebih spesifik query
dirancang untuk merelasi record, data dan field, antara tabel-tabel atau
quey-query atau kombinasinya, lalu menciptakan field baru beserta record dan
data baru Dalam query itu sendiri dan menyajikan bahan untuk membuat form atau
report.
Adapun langkah-langkah membuat
Query adalah sebagai berikut :
1. Langkah Pertama
Pilih
create- Query wizard
2.
Langkah
kedua
3.
Langkah
ketiga
4.
Langkah
keempat
5.
Langkah
5
Setelah memasukkan criteria pillih run, kemudian Setelah di run anda akan diminta untuk memasukkan nomor rekam medis.
- Tahap pertama Create-report wizard
Klik yes pada kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini
Setelah klik yes maka akan muncul kotak dialog perintah untuk memasukkan
beberapa kategori yang diperlukan dalam pembuatan KIB Pasien. Kemudian klik NEXT-FINISH
- Tahap kedua
Setelah FINISH akan tampil gambar dibawah ini :
Rapikan kotak dialog anda agar terlihat
lebih rapi.
- Tahap ketiga View-report view
- Tahap keempat
Setelah
anda melakukan semua tahap diatas maka akan tampil gambar dibawah ini
C.
Langkah-Langkah
Membuat Data Identitas Pasien Menjadi Lebih Jelas dan Terperinci Menggunakan
Report
Report (Laporan)
merupakan fasilitas dalam Microsoft Acces yang bertujuan untuk mencetak
data dalam bentuk laporan yang berasal dari tabel atau query.. Dengan report kita menjadi lebih
leluasa dalam membuat laporan. Data yang digunakan untuk membuat laporan dapat
berasal dari tabel maupun query
1.
Langkah
pertama
Pada
layar utama pilih Create – kemudian
klik Report Wizard
2.
Langkah
kedua
- Tahap pertama
- Tahap kedua
- Tahap ketiga
- Tahap keempat
- Tahap kelima
- Tahap keenam
Setelah
memilih tampilan Finish, maka tampilan berubah menjadi sebuah From yang akan di
rapikan
Setelah
dirapikan arahkan cursor ke View –
lalu klik Report View
Pada
layar akan tampil seperti gambar dibawah
ini
D. Langkah-Langkah Mengaplikasikan
tombol Button
1.
Langkah
pertama
Klik View-design view
Setelah anda memilih design view atur halaman anda agar terlihat lebih rapi dan
sediakan tempat kosong untuk tombol button ,
2.
Langkah
kedua
Pilih
button
Setelah
anda memilih button, maka akan muncul gambar dibawah ini :
- Find next
Pada
categories pilih Record navigation dan pada actions pilih find
next.sellanjutnya klik next
Setelah
anda klik next pada layar akan tampil seperti ini :
- Find record
- Go to last record
- Go to next record
- Go to previous record
Setelah
melakukan semuanya maka pada layar akan tampil gambal seperti dibawah ini
Selanjutnya
close dan tombol button sudah dapat diaplikasikan.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Teknologi
informasi menyediakan Microsoft acces untuk menciptakan proses yang cepat,
tepat, dan akurat . Microsoft Acces mmerupakan salah satu program aplikasi
database yang paling canggih dan lengkap serta sangat mudah digunakan baik
untuk menyortir,mengatur data, membuat label data serta mellaporkan informasi
penting, misalnya menampung daftar anggota, data-data anggota dan sebagainya.
Aplikasi data base adalah kumpulan objek acces yang bekerja terpadu untuk
menyelesaikan masalah. Dengan menggunakan sebuah program database, pemakai dapat
melaksanakan beberapa operasi dasar, antara lain : Operasi Form, Report, Query dan Operasi table.
B.
SARAN
Penulis menyarankan bagi anda yang
ingin belajar dan memakai database untuk jaringan local seperti lab computer,
warnet, perusahaan dan rumah sakit sebaiknya pakai Ms. Acces karena mempunyai
tampilan yang bagus dan lebih mudah dalam penggunaannya/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar